Kenali Tanda Tanda Kangker Sejak Dini


Dilansir dari alodokter.com (01/02/19) dan telah ditinjau oleh dr. Kevin Adrian, ada beberapa tanda kanker yang harus diwaspadai baik pria maupun wanita.

1. Perubahan pada mulut


Khususnya para perokok, harus waspada jika menemukan ada bercak merah cerah, abu-abu atau kuning pada mulut serta lidah. Karena bisa jadi pertanda kanker mulut. Gejala ini juga biasa disertai dengan pembengkakan, mulut berdarah tanpa sebab, serta mati rasa pada mulut dan wajah.

2. Sakit saat menelan


Rasa sakit ketika menelan biasa terjadi pada penderita batuk atau radang tenggorokan. Namun waspadalah jika gejala ini tidak hilang-hilang. Ditambah lagi dengan adanya gejala lain seperti penurunan berat badan dalam waktu singkat atau muntah-muntah. Hal tersebut bisa jadi pertanda kanker tenggorokan maupun kanker perut.

3. Batuk darah

Jika mengalami batuk berdarah sudah lebih dari 4 minggu. Serta ditambah gejala lain seperti hilang nafsu makan, berat badan turun, lelah terus-menerus, maka bisa jadi pertanda kanker paru-paru.

4. Nyeri ulu hati


Apabila mengalami nyeri ulu hati tapi tak kunjung hilang. Bahkan setelah mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya periksakan ke dokter. Karena bisa jadi gejala kanker ovarium, tenggorokan serta kanker lambung.

5. Gangguan buang air
Jika mengalami gangguan saat BAK atau BAB disertai darah, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Karena adanya darah saat buang air biasanya menandakan penyakit serius. Contohnya kanker usus, kanker ginjal, atau kanker kandung kemih.

6. Perdarahan di antara waktu menstruasi
Sebaiknya setiap wanita memperhatikan kapan ia mengalami menstruasi. Sehingga ketika ada yang tidak beres bisa langsung ketahuan.

Misalnya perdarahan yang terjadi diluar waktu menstruasi atau masa menstruasi yang lebih lama dan jumlah darah yang keluar pun sudah berlebihan. Hal ini bisa menandakan adanya kanker endometrium atau kanker pada dinding rahim.

7. Perubahan pada kulit
Jangan remehkan kanker kulit. Meski tidak sepopuler kanker payudara atau kanker lain, tapi tidak kalah mematikan.

Kanker kulit ini bisa ditandai dengan kulit yang kemerahan, permukaan kulit jadi keras dan bersisik, timbul tahi lalat yang ukurannya terus bertambah atau benjolan yang mencurigakan.

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item