Akibat Hormon Estrogen Yang Berlebih Dalam Tubuh

Angka kejadian kanker payudara untuk perempuan Indonesia sangat tinggi, yakni 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk, satu pemicu kanker payudara adalah kelebihan hormon estrogen. Hormon ini banyak ditemukan pada tubuh wanita dan biasanya meningkat saat menjelang menstruasi atau selama kehamilan.



1. Bengkak dan nyeri pada payudara

Payudara sangat sensitif terhadap perubahan hormon. Itulah sebabnya saat wanita menstruasi atau sedang hamil, payudara akan berubah jadi bengkak dan terasa nyeri. Jika tidak mengalami kedua hal tadi tapi payudara terasa bengkak dan nyeri, bisa jadi karena kelebihan hormon estrogen.

2. Perubahan mood

Para wanita pasti kalau PMS emosinya suka naik turun. Nah orang yang kelebihan hormon estrogen juga menunjukkan gejala yang sama.

3. Rambut rontok

Akibat kadar hormon estrogen yang berlebih juga bisa menyebabkan rambut rontok.

4. Masalah tidur

Coba amati jika mengalami kebiasaan tidur yang berubah. Misalnya tiba-tiba jadi ngantuk terus atau malah jadi susah tidur karena bisa jadi gejala kebanyakan hormon estrogen.

5. Berat badan naik

Kelebihan hormon estrogen bisa membuat tubuh lebih banyak menyimpan air dan garam. Akibatnya pada beberapa bagian tubuh jadi bengkak atau membesar. Seperti perut, pinggul, rongga dada, payudara. Dan badan pun jadi tampak menggelambir.

Related

Info Penyakit 5079627110147146352

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item