Cara Memilih Makanan Dengan Kandungan Lemak Sehat

Jika Anda masih peduli terhadap kesehatan tubuh Anda sendiri, berarti Anda harus patuh terhadap pedoman umum untuk memilih lemak sehat ini.

Daripada menghindari atau meniadakan pemberian nutrisi berupa lemak pada makanan Anda, lebih baik mengganti lemak trans dan lemak jenuh yang jelas-jelas berbahaya bagi tubuh dengan lemak baik.

Anda bisa mengganti ayam goreng dengan ikan laut segar, menukar beberapa jenis daging yang Anda makan dengan aneka kacang berlemak sehat, atau menggoreng pakai minyak zaitun ketimbang mentega.

Memang tidak instan dan sulit awalnya, tapi Anda harus berani mencobanya. Hilangkan kebiasaan konsumsi lemak trans pada diet Anda. Ketika hendak menyemil makanan, coba periksa label makanan produk terkait untuk mengetahui kadar lemak transnya, atau sebaiknya hindari jika ada.


Makanan cepat saji yang biasa dijajakan di pinggir jalan atau di dalam supermarket memang menggoda, tapi di waktu mendatang Anda akan disiksa oleh efek yang mereka berikan. Jadi batasi juga makanan cepat saji.

Yang terpenting jangan terburu-buru karena Anda bisa stres juga nantinya. Nikmati proses pengalihan konsumsi lemak ini secara bertahap. Masih banyak ‘kok sumber lemak sehat yang dapat mengganti makanan tak sehat favorit Anda, seperti yang mengandung lemak omega-3 pada ikan, pasti Anda menyukainya.

Jumlah  Lemak Yang Dibutuhkan

Seberapa banyaknya itu tergantung pada gaya hidup, berat badan, usia, dan yang terpenting kondisi kesehatan Anda. USDA merekomendasikan bahwa rata-rata individeu setidaknya:
  • Menjaga asupa lemak total sebanyak 20-35% dari jumlah kalori yang dikonsumsi.
  • Membatasi konsumsi lemak jenuh hingga kurang dari 10% dari total kalori (200 kalori untuk diet 2000 kalori).
  • Membatasi konsumsi lemak trans hingga 1% dari kalori (2 gram per hari untuk diet 2000 kalori).

Manfaat Lemak Bagi Tubuh

Tak ketinggalan, Anda juga harus tahu fungsi lemak sebagai zat yang dibutuhkan tubuh.
  • Lemak menjadi sumber energi paling besar. Setiap gram lemak memberikan 9 kalori, angka yang lebih tinggi dari kalori yang dihasilkan oleh karbohidrat dan protein.
  • Lemak membuat otak Anda tetap berfungsi secara optimal. Hampir 60 persen jaringan otak terdiri dari lemak. Bila Anda tidak mengonsumsi lemak, bisa terbayang seberapa buruk otka Anda dalam berpikir. Note: Lemak yang dimaksud itu lemak baik yang bias berasal dari ikan (omega-3), buah alpukat, dan kacang-kacangan.
  • Membantu penyerapan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Termasuk membantu menyerap vitamin D yang bermanfaat bagi orang lanjut usia untuk mencegah datangnya gangguan pada otak seperti alzheimer dan parkinson.
  • Kesehatan jantung yang senantiasa terjaga bilamana Anda hobi mengonsumsi makanan berlemak tak jenuh tunggal ataupun ganda.

Related

Tips Sehat 4094690106413794098

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item