Kenali Lebih Dini Tanda Tanda Liver Sudah Bermasalah


Lliver atau hati memiliki peran penting dalam tubuh. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, diantara fungsi hati meliputi pencernaan, metabolisme, daya tahan tubuh, penyimpanan zat gizi dalam tubuh, hingga produksi sel darah. Kerusakan pada liver ini bisa berdampak besar pada organ lain di tubuh.

Banyak yang tidak menyadari bahwa livernya rusak karena umumnya penyakit liver baru menunjukkan gejala ketika kondisi kerusakannya sudah tahap lanjut. Untuk itulah perlu diketahui gejala liver rusak agar bisa segera mendapat penanganan
Berikut ini gejala kerusakan liver seperti dijelaskan oleh KV Narayanan Menon, MD, direktur medis transplantasi hati di Cleveland Clinic, Amerika Serikat, kepada Wall Street Journal.

1. Perut terisi dengan cairan


Jangan remehkan jika perut kembung tiba-tiba dan semakin lama semakim membesar. Karena hal tersebut bukan gejala perut kembung biasa. Menurut Dr. Narayanan, akibat tekanan di pembuluh darah sekitar hati bisa menyebabkan penumpukan cairan yang terlihat dari perut menggelembung.

2. Selalu merasa lelah


Selalu lelah meski menjalani aktivitas yang biasa saja selalu menandakan ada yang tidak beres dengan tubuh. Salah satunya adalah penyakit hati.

3. Gatal-gatal tanpa henti


Gatal karena udara panas sih normal. Tapi kalau gatal terus-menerus tanpa penyebab bisa jadi akibat kerusakan hati yang parah (primary biliary cirrhosis) sehingga menyebabkan saluran empedu rusak. Jadi jangan dianggap sepele kalau mengalami gejala ini.

4. Obesitas


Sudah gak zaman lagi dengan kepercayaan bahwa orang gemuk berarti sehat. Justru kebalikannya. Obesitas malah bisa jadi gejala penyakit hati non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) yakni organ liver diselimuti lemak.

5. Keturunan

Penyakit hati juga bisa terjadi akibat keturunan. Untuk itu Dr. Narayanan menyarankan jika ada keluarga yang meninggal karena penyakit hari atau kanker hati sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Related

Info Penyakit 8073216135075529435

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item