Kebiasaan Makan Orang Indonesia Yang Bisa Bikin Penyakitan


Indonesia memang memiliki kuliner yang sangat beragam. Terlepas dari bervariasinya makanan khas Indonesia, ada beberapa kebiasaan makan orang Indonesia yang sebaiknya dihindari karena bisa mengundang penyakit.

1. Senang makan gorengan


Orang Indonesia senang sekali makan gorengan. Makan nasi dengan tahu isi aja rasanya sudah nikmat. Apalagi ditambah dengan sambal.

Namun kegemaran makan gorengan ini bisa menyebabkan obesitas serta kolesterol tinggi yang bisa memicu penyakit jantung atau stroke. Penyebabnya, gorengan merupakan makanan yang mengandung kalori serta lemak jenuh tinggi. Jadi sebaiknya tidak dimakan sering-sering atau banyak-banyak.

2. Makan mie instan dengan nasi


Nasi merupakan sumber karbohidrat utama orang Indonesia. Jadi kalau belum makan nasi rasanya belum makan. Meski udah makan 4 potong roti.

Ada kebiasaan unik orang Indonesia, yakni makan mie instan dengan nasi. Padahal keduanya jenis karbohidrat. Jika kebiasaan ini sering dilakukan bisa mengundang penyakit diabetes serta jantung.

3. Senang makan jeroan


Memang sebagian orang ada yang jijik makan jeroan. Tapi sebagian lagi malah senang makan jeroan seperti usus, babat, hati, lidah, otak, atau paru.

Padahal kebiasaan makan jeroan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Misalnya asam urat, obesitas, kolesterol tinggi, sampai tekanan darah tinggi. Apalagi jeroan biasanya diolah dengan digoreng atau digulai. Berarti kandungan lemaknya pun jadi meningkat. Makin mengundang penyakit kalau begitu.

4. Cuci tangan dengan kobokan


Makan pakai tangan emang nikmat. Biasanya kalau sedang makan di tempat lesehan, warung makan akan menyediakan kobokan yang berisi potongan jeruk nipis.

Meski sudah ditambah dengan jeruk nipis, tapi tetap saja cuci tangan dengan kobokan bukan bikin tangan bersih malah bikin kuman nempel. Karena air dari cucian tangan sebelumnya dipakai lagi untuk mencuci tangan setelah makan.
Dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sangat menganjurkan untuk mencuci tangan dengan air mengalir supaya kuman-kuman semuanya sirna.

Related

Tips Sehat 4019036258619348714

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item