Kenali Tanda Awal Sakit Jantung


Saat ini penyakit jantung tidak hanya mengancam golongan lanjut usia, tapi masih muda pun sudah banyak yang kena. Melansir kompas.com (20/03/18), menurut data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan tahun 2013, penderita penyakit jantung di Indonesia mencapai 12,1 persen dari populasi.

Dan yang memprihatinkan, sebanyak 39 persen berusia kurang dari 44 tahun. Sementara 22 persen berusia 15-35 tahun.
Yang paling membuat publik terhenyak adalah kematian mantan artis cilik, Cecep Reza yang baru berusia 31 tahun yang disebabkan penyakit jantung.

Agar tidak sampai terlambat, berikut gejala awal penyakit jantung yang perlu diketahui.

1. Xanthoma


Jangan abaikan jika memiliki benjolan putih padat di daerat lutut atau siku. Kondisi ini dikenal dengan istilah xanthoma. Menurut dr. Ellen Theodora dalam, xanthoma biasa ditemukan pada mereka yang memiliki kolesterol tinggi sudah menahun.

Xanthoma terjadi akibat kandungan lemak dalam tubuh sangat tinggi sehingga pembuluh darah tidak bisa lagi ‘menampungnya’ dan akhirnya tersimpan di jaringan kulit. Tanda ini bisa jadi gejala aterosklerosis (pembentukan plak pada pembuluh darah) yang selanjutnya bisa memicu serangan jantung.

2. Bibir biru


Bibir seseorang bisa jadi biru ketika berada pada suhu dingin. Perlu diwaspadai jika bibir biru tapi tanpa sebab. Bisa jadi indikasi kuat kurangnya oksigen akibat aliran pembuluh darah terhambat.

3. Perubahan pada kuku


Jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Karena itulah gangguan suplai darah dari jantung bisa berdampak pada bagian tubuh lain, seperti kuku.
Hati-hati jika memiliki kuku yang menebal dan berbentuk bundar (jadi cembung). Kondisi ini disebut Hippocratic fingers dan jadi salah satu pertanda awal masalah jantung.

4. Lipatan daun telinga


Memiliki lipatan tidak normal di daun telinga bisa jadi indikasi kuat alami aterosklerosis, yakni penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga aliran darah terhambat. Tanda ini disebut dengan istilah Frank’s sign.

Related

Penyakit Jantung 8278096223515306369

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item