Ciri Ciri Ginjal Sudah Bermasalah


menurut Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, angka kejadian gagal ginjal di Indonesia sebesar 0,2% atau 2 per 1000 penduduk.

Penyakit ini juga menghabiskan biaya kesehatan yang sangat tinggi. Menurut Data Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Kemenkes tahun 2016, gagal ginjal menduduki peringkat ke-2 setelah jantung dalam hal pembiayaan kesehatan paling banyak.

Agar tidak sampai kena penyakit ginjal, berikut ini ciri-ciri gangguan ginjal yang perlu diketahui menurut dr. Marsha Desica Arsanta dalam hellosehat.com.

1. Rasa besi pada mulut


Diantara fungsi ginjal yang penting adalah menyaring racun dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat urine. Ginjal yang bermasalah menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh dan bisa dicirian dengan rasa besi pada mulut.

Selain itu, napas juga jadi bau (halitosis) serta nafsu makan jadi menurun.

2. Nyeri pinggang


Nyeri pinggang adalah hal yang paling sering jadi indikasi ada sesuatu yang tidak beres pada ginjal. Nyeri ini bisa terjadi akibat batu ginjal atau infeksi saluran kencing.

3. Kulit gatal dan kemerahan


Akibat penumpukan racun karena ginjal tidak berfungsi normal, tubuh berusaha mengeluarkan racun tersebut lewat kulit (pori-pori). Karena itulah penderita gangguan ginjal akan merasakan gatal-gatal serta kulit kering dan kemerahan.

4. Bagian tubuh membengkak


Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik tidak bisa menyaring protein. Akibatnya, protein ikut terbuang lewat urine.

Hal tersebut akan menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh yang terlihat pada beberapa bagian tubuh. Misalnya pada mata atau bagian tangan dan kaki.

5. Perubahan warna urine


Urine menjadi cara paling mudah mengetahui apakah ginjal berfungsi baik atau bermasalah. Gangguan ginjal biasanya ditandai dengan warna urine yang gelap. Terkadang terdapat darah.

Jika mendapati ciri-ciri diatas, sebaiknya segera temui dokter untuk segera diperiksa. Jangan sampai terlambat bahkan sampai gagal ginjal.

Related

Info Penyakit 953414912585094567

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item