Pengertian Vaksin Dan Sejarahnya

Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif pada tubuh. Hal ini dimaksudkan agar tubuh dapat mencegah atau mengurangi infeksi dari suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Pengertian Vaksin Menurut Para Ahli

Definisi Vaksin adalah bahan yang dipakai untuk menstimulus dan merangsang pembentukan antibodi yang biasanya dimasukkan pada tubuh manusia melalui mulut maupun suntikan (Muslihatun : 2010)
Pengertian Vaksin adalah bahan yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan seperti vaksin campaj, DPT dan BCG dan melalui mulut seperti vaksin polio yang gunanya untuk merangsang zat antibodi (Hidayat : 2005).
Pengertian Vaksin menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 42 tahun 2013 adalah suatu antigen yang berwujud mikroorganisme yang tidak hidup atau sudah mati atau juga yang masih hidup namun dilemahkan, yang beberapa bagiannya masih utuh dan telah di olah. Dapat juga berupa mikroorganisme yang sudah diubah menjadi toksoid ataupun protein rekombinan yang bisa menimbulkan efek kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit infeksi tertentu.

Vaksin berupa galur virus atau bakteri yang telah dilemahkan sehingga tidak dapat menimbulkan berbahaya. Bentuk lain dari vaksin berupa organisme mati atau hasil-hasil dari pemurniannya seperti protein, peptida, partikel serupa virus.



Sejarah Vaksin

Vaksin pertama kali ditemukan oleh Edward Jenner pada tahun 1796. Edward Jenner merupakan seorang dokter berkebangsaan Inggris. Mulanya ia meneliti seorang pekerja harian yang menderita penyakit cacar.

Pekerja tersebut kemudian di imunisasi menggunakan cacar sapi ringan. Dia mengambil beberapa cairan dari luka penderita cacar sapi dan menggoreskannya pada lengan anak usia 8 tahun. Penelitian tersebut terbukti berhasil dan kemudian Edward Jenner memberi nama ”vaksin”.


Kemudian pada abad ke 19 seorang ahli kimia dari perancis bernama Louis Pasteur mengembangkan tehnik baru. Ia mengembangkan teknik kimia untuk mengisolasi virus dan melemahkannya. Virus yang dilemahkan ini kemudian digunakan sebagai vaksin.


Related

Vaksin 7601740397980889502

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item