Jenis Jenis Vaksin Yang Telah Digunakan Dalam Dunia Kesehatan

Saat ini terdapat tujuh jenis vaksin yang telah digunakan dalam dunia kesehatan. Berikut ini adalah penjelasannya :
Live Attenuated Vaccine
Live Attenuated Vaccine merupakan vaksin yang terbuat dari bakteri atau virus yang sudah dilemahkan daya virulensinya dengan cara kultur dan perlakuan yang berulang-ulang. Vaksin ini masih mampu menimbulkan reaksi imunologi yang mirip dengan infeksi alamiah.
Contoh : Vaksin polio, vaksin MMR, vaksin TBC, vaksin gondongan dan vaksin cacar air.
Inactived Vaccine / Killed Vaccine
Disebut dengan killed vaccine artinya vaksin ini dibuat dari bakteri atau virus yang dimatikan dengan zat kimia atau dengan pemanasan. Vaksin ini dapat berupa seluruh bagian dari bakteri atau virus, bagian dari bakteri atau virus atau hanya toksidnya saja.
Contoh : Vaksin rabies, vaksin pneumonia peumokakal, vaksin kolera, vaksin pertusis, dan vaksin demam tifoid.

Vaksin Toksoid
Vaksin toksoid yakni vaksin yang terbuat dari beberapa jenis bakteri yang menimbulkan penyakit dengan memasukkan racun yang telah dilemahkan kedalam aliran darah.
Contoh : Vaksin tetanus dan vaksin difteri.
Vaksin Accelular dan Subunit
Vaksin ini terbuat dari bagian tertentu pada virus atau bakteri dengan cara melakukan klonning dari gen virus atau bakteri melalui rekombinasi DNA, vaksin vektor virus dan juga vaksin antiidiotipe.
Contoh : Vaksin Hemofilus Influenza Type B, vaksin influenza dan vaksin hepatitis B.
Vaksin Idiotipe
Vaksin Idiotipe ialah vaksin yang terbuat dari fragment antigen binding dari sebuah antibodi yang dihasilkan oleh tiap klon sel B yang mengandung asam amino yang disebut dengan idiotipe atau determinan idiotipe yang dapat bertindak sebagai antigen.
Vaksin Rekombinan
Vaksin Rekombinan memungkinkan produksi protein virus dalam jumlah besar.
Vaksin DNA
Vaksin DNA atau yang disebut juga dengan Plasmid DNA Vaccines merupakan sebua vaksin baru dalam teknologi kedokteran. Vaksin ini memiliki potensi dalam menginduksi imunitas seluler. Saat ini penelitian klinis pada manusia sedang diterapkan semoga dapat membawa dampak yang positif bagi dunia kesehatan.


Related

Vaksin 4169371512676919185

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item