Obat Dan Penanganan Demam Pada Anak

Demam diartikan sebagai situasi indikasi dari kondisi kesehatan anak, dimana penyakit yang mungkin timbul dengan demam yang menyertai dapat diidentifikasi dari berbagai macam penyakit dengan keterangan sebagai berikut :
1. Sistem Saluran Pernafasan: sinusitis, influenza, faringitis akut, bronkitis, pneumonia.
2. Sistem Urinaria: Infeksi Saluran Kemih, dllInfeksi
3. Sistemis: DBD, rubella, varicela, sepsis
4. Sistem Pencernaan: inflamasi usus, dehidrasi, hepatitis virus, esofagitis

Dengan berbagai penyakit tersebut, maka memang menjadi sebuah hal penting untuk diketahui adalah penyebab utama dari timbulnya demam, sehingga dapat dilakukan upaya mengatasi penyakit secara efektif dan memberikan dampak kesembuhan yang terbaik bagi sang anak.


Tips Menghadapi Anak Kejang Karena Demam

Demam tidak selalu menyebabkan kejang pada anak. Jika saat demam anak mengalami kejang, maka ketika demam berikutnya harus segera diturunkan agar tidak terjadi kejang.

Jika anak demam kemudian kejang, ada hal sederhana yang dapat dilakukan orangtua :
1. Longgarkan pakaian anak. 
2. Posisikan anak dalam keadaan miring.
3. Bersihkan muntahan atau lendir di mulut atau di hidung.
4. Jangan memasukkan sesuatu ke dalam mulut.
5. Dampingi anak selama kejang.
6. Bawa ke pusat perawatan jika kejang berlangsung lebih dari 5 menit. 
7. Kejang yang berlangsung lama (> 15 menit) sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kerusakan otak.


Obat dan Penanganan Demam

Demam merupakan gejala, bukan penyakit, cari penyebabnya bukan terburu-buru memberikan obat demam, kompres dengan air hangat, hindari kompres dengan air dingin atau alkohol. Kompres alkohol berbahaya karena uap yang ditimbulkannya terhitup anak dapat berdampak buruk.

Tak perlu kawatir bila anak tidak mau makan sama sekali, selama anak masih mau minum air teh manis atau susu 50-60 persen dari jumlah biasa atau sekitar 400-500 cc dalam sehari. Tidak juga perlu kawatir bila anak masih aktif dan bermain seperti biasa. Karena pada umumnya terutama anak dengan hipersensitif saluran cerna atau anak dengan picky eaters akan mengalami sulit makan saat demam. Biasanya tidak akan berlangsung lama, anak tersebut mengalaminya dalam 3-5 hari. Orang tua harus khawatir bila anak tampak lemas berlebihan seharian tidur terus dan anak gelisah sepanjang hari.

- Parasetamol/Asetamino.

Parasetamol dianggap cukup aman dibandingkan dengan obat penurun demam golongan lain, karena efek samping ke saluran pencernaan minimal. Dapat diberikan secara oral maupun rektal. Namun bila digunakan melebihi dosis yang dianjurkan dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan hati. Selalu baca petunjuk penggunaan pada kemasan, atau ikuti petunjuk dokter spesialis anak Anda.

- Ibuprofen.

Selain menurunkan demam dan meredakan nyeri, ibuprofen memiliki manfaat antiinflamasi (anti radang) rendah. Efek sampingnya berupa mual, perut kembung dan yang paling parah pendarahan di lambung.

- Naproxen.

Sering juga dikenal sebagai Naproxen sodium. Obat ini dikategorikan sebagai antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Bekerja dengan cara menurunkan hormon penyebab pembengkakkan dan rasa nyeri pada tubuh.Umumnya digunakan untuk meredakan gejala arthritis seperti peradangan, bengkak kaku dan nyeri sendi. Hanya bisa didapatkan melalui resep dokter. Karena penggunaan naproxen dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, tidak disarankan untuk anak dengan riwayat penyakit jantung. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak, sebelum obat ini diberikan.

- Aspirin.


Dikenal juga dengan nama asam asetilsalisilat yang memiliki fungsi untuk menurunkan demam, meredakan nyeri dan antiinflamasi. Aspirin sama seperti ibuprofen, dapat menyebabkan mual dan pendarahan lambung. Karenanya, selalu konsumsi aspirin sesudah makan. Aspirin juga tidak dianjurkan untuk anak-anak bila demam disebabkan oleh infeksi virus, karena dapat menyebabkan Sindrom Reye (gangguan hati yang dapat menyebabkan hilangnya kesadaran).


Related

Jenis Penyait Anak 4708269517109687563

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item