Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami

Ketiak basah terjadi karena adanya keringat berlebih pada area yang lembab seperti ketiak. Keringat sendiri merupakan proses alami yang dilakukan tubuh untuk membantu mengatur suhu tubuh. Keringat akan membantu mendinginkan tubuh yang kepanasan dengan menguapkannya ke permukaan kulit yang pada gilirannya bila tertumpuk semakin banyak akan menyebabkan keringat berlebihan.

Kondisi ini selalu dikhawatirkan orang-orang yang punya banyak relasi di dalam dunia kerja, terutama mereka yang selalu ditunjuk untuk melakukan presentasi. Penampilan adalah hal yang sangat perlu diperhatikan, dan ketiak basah kadang menjadi penghambatnya. Permasalahan ini harus segera diatasi, Anda bisa mencoba cara mengatasi ketiak basah yang berlebihan karena keringat.

Keringat bisa keluar dalam jumlah banyak bila didukung dengan beberapa kondisi, seperti suhu tubuh panas dan perasaan grogi yang muncul. Ada lebih dari 2 juta kelenjar keringat di seluruh tubuh manusia. Lantas mengapa keringat paling sering tampak di bawah lengan?


Hal tersebut dikarenakan pada ketiak terdapat kelenjar apokrin yang sangat baik dalam memproduksi keringat. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar ini mengandung protein dan asam lemak yang membuat keringat menjadi lebih tebal dan menciptakan efek warna kekuningan.

Keringat memang tidak mengeluarkan bau pada dasarnya, tetapi disaat bakteri pada kulit melakukan metabolisme pada kandungan yang dihasilkan (protein dan asam lemak) oleh keringat, maka mulailah timbul aroma yang kurang sedap untuk dihirup.

Melakukan pencegahan dan mengendalikan produksi keringat terutama pada ketiak sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kepercayaan diri. Selain itu dengan ketiak yang tidak bermasalah maka akan meningkatkan kenyamaan dan kehidupan sosial setiap orang. Silakan dibaca lebih lanjut bagaimana cara meminimalkan kondisi ini agar ketiak basah tidak menjadi teman harian Anda.

Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sudah disediakan oleh alam untuk membantu mengontrol permasalahan ini.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bau badan dan bahan tersebut tidak terlalu sulit untuk kita dapatkan :

Lidah Buaya

Tips ini diperoleh dari Search Home Remedy. Mengonsumsi aloevera atau lidah buaya dipercaya mampu membersihkan ketiak yang basah akibat keringat secara alami.  Pemakaian lidah buaya tidak seperti perawatan rambut seperti biasanya. Akan tetapi lidah buaya harus diminum setiap hari setidaknya ½ cangkir untuk membantu meredakan produksi keringat berlebih pada area ketiak, lidah buaya juga dipakai untuk menumbuhkan kumis pada pria.

Tomat

Tomat adalah tumbuhan berwarna merah yang tumbuh di Amerika Selatan pada mulanya, kemudian tersebar ke banyak negara termasuk Indonesia. Tomat dikenal akan kemampuannya merawat kulit. Anda tidak akan mengira kalau tomat ternyata cukup efektif dalam menyembuhkan masalah keringat berlebih pada ketiak.

Konsumsi tomat dari dalam. Anda bisa membuat jus tomat bercampur madu atau gula sebagai pemberi rasa manis. Menurut Search Home Remedy, tomat juga bisa digunakan dari luar. Anda cukup mencampurkan tumbukan tomat dan mentimun, kemudian diusapkan pada area yang bermasalah. Hal ini juga membantu mengurangi bau yang timbul akibat keringat ketiak.

Cuka Putih dan Cuka Apel

Cuka dapat menghambat laju pertumbuhan bakteri pada kulit yang menghasilkan bau tak sedap pada ketiak.  Cuka bisa dipakai sebagai pengganti deodoran. Anda bisa menggunakan cuka putih dan cuka apel, tinggal dipilih yang menurut Anda lebih baik dan cocok yang mana.

Cuka putih mempunyai aroma asam yang kuat, untuk itu gunakanlah beberapa saat sebelum mandi. Oleskan cuka putih pada kedua ketiak Anda secara merata menggunakan kapas. Sementara untuk cuka apel juga sama diaplikasikan sebelum mandi dengan bantuan kapas. Ambil jarak sekitar 30 menit sebelum mandi dan bersihkan ketiak yang sudah diolesi salah satu jenis cuka dengan air.

Lemon

Air perasan lemon dianggap mampu memberi manfaat ganda pada masalah ketiak. Pertama, ketiak yang basah karena keringat bisa diminimalisir. Kedua, ketiak yang berwarna hitam karena jarang dibersihkan dan keseringan lembab dapat dikembalikan warna cerahnya bila dilakukan perawatan rutin.

Penggunaan lemon sama seperti cuka apel dan cuka putih, yaitu 30 menit sebelum mandi. Peras lemon dan ambil air perasannya. Gunakan bola kapas untuk membantu memoleskan air perasan lemon ke area ketiak. Jangan lupa dibersihkan selagi mandi.

Baking Soda

Baking soda dapat membantu mengurangi produksi keringat berlebih pada area ketiak. Buatlah pasta dari baking soda. Campurkan dia dengan air secukupnya, lalu aplikasikan pada ketiak dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bilas ketiak menggunakan air bersih.


Related

Tips Sehat 2676971018674177742

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item