Tips Mudah Atasi Masalah Bau Badan

  • Gunakan Bahan Alami
Banyak bahan alam disekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bau badan

  • Gunakan Antiperspirant
Antiperspirant lebih tepat digunakan bila Anda ingin terhindar dari masalah ketiak basah. Apa bedanya dengan deodoran? Selama ini mungkin Anda belum tahu. Deodoran itu mengandung zat yang bekerja meringankan bau pada ketiak. Sedangkan antiperspirant bekerja menghambat produksi ketiak.


Cara mengatasi ketiak basah dengan memakai antiperspirant ini sebenarnya cukup berbahaya karena kelenjar keringat tidak bisa bekerja secara maksimal. Jadi pilihan ada di tangan Anda ingin menerapkan produk ini atau tidak. Antiperspirant dikatakan berbahaya juga karena menyebabkan iritasi kulit, terutama yang mengandung aluminium klorida sebagai bahan aktif dalam jumlah tinggi.

  • Pakailah Bahan Yang Membantu Kulit Tetap Bernapas
Pernahkah Anda memperhatikan pakaian yang Anda kenakan setiap hari untuk beraktivitas dan ternyata mereka lah yang menjadi penyebab datangnya masalah ini, Mengapa bisa?

Perlu Anda ketahui kalau kulit juga memerlukan udara dari luar, seperti manusia yang membutuhkan oksigen untuk bernapas. Kulit yang terasupi udara dalam jumlah cukup dan intens akan membuatnya lebih segar dan tahan dari keringat yang terekspos ke luar permukaan kulit.

Solusi bagi Anda agar terhindar dari masalah ini secara instan adalah dengan memakai pakaian berbahan katun, wol, rami, atau sutra. Jangan gunakan bahan yang sedikitpun tidak terdapat ruang untuk masuknya udara. Kain semacam ini memiliki serat yang dapat membuat kulit terjaga dari bakteri penyebab bau akibat keringat.

Jangan menggunakan kain berbahan sintesis seperti nilon, rayon, dan poliester. Apalagi ditambah dengan warna gelap, maka Anda bisa menjadi sekawan dengan ketiak basah, bau, dan berwarna hitam. Jauhi pakaian yang terbuat dari bahan sintesis, sebagus apapun modelnya.

  • Kuasai Kecemasan Anda, Tidak Perlu Takut
Ada beberapa situasi yang membuat sebagian orang (terutama dengan kepribadian introvert) seakan sedang melakukan ujian. Berbicara di depan umum, pergi kencan pertama dengan orang yang baru dikenal, dan banyak lagi keadaan yang membuat sebagian orang merasa cemas. Mungkin Anda termasuk ke dalamnya.

Rasa cemas, grogi, dan takut akan membuat jantung berdetak lebih kencang dan cepat. Respon tubuh ini berlaku ketika menjumpai situasi yang jarang terjadi atau berpotensi membawa bahaya. Bila terus berproses, maka kondisi ini bisa menyebabkan kulit berkeringat dan tidak mampu mengontrol diri.

Bila Anda tergolong ke dalam orang-orang yang sulit beradaptasi dengan situasi dan lingkungan baru, atau mengalami demam panggung misalnya, maka disarankan untuk melakukan terapi yang bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Anda bisa memulainya dengan mengatakan kalau Anda punya keberanian untuk melakukan sesuatu. Atau Anda bisa mengikuti bimbingan menjadi public speaker yang baik. Kuasai diri Anda, setiap hal tidak perlu dipikirkan mendalam, santai saja.

  • Kurangi Stres
Tiap manusia punya masalah, dan tidak seharusnya masalah tersebut menjadi penghalang Anda untuk bahagia. Stres berasal dari pikiran yang terbebani oleh banyak hal, pekerjaan, nilai, urusan ekonomi, keluarga, dan masih banyak lagi.

Kondisi stres bisa menyebabkan keringat berlebihan. Untuk mengatasinya tentu Anda harus menghindari stres. Cara menghindari stres yang paling mudah adalah dengan tidak memfokuskan pikiran Anda kepada masalah yang sedang Anda hadapi, tetapi fokuslah pada solusinya. Anggap setiap masalah sebagai proses hidup yang akan membuat Anda menjadi lebih tangguh dan dewasa.

Stres juga bisa dikelola dengan cara bersantai, mengobrol dengan teman, canda tawa, bernostalgia perihal seberapa lugunya Anda sewaktu kecil, dan banyak hal lagi yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari stres.

  • Jangan Merokok dan Hindari Minuman Alkohol
Penyebab ketiak basah antara lain dikarenakan merokok dan alkohol. Di dalam rokok terdapat nikotin yang membuat denyut jantung meningkat. Dengan meningkatkan denyut jantung maka tekanan darah dan suhu tubuh ikut naik, hal ini akan memicu keringat menjadi berkeringat.

Sementara minuman beralkohol akan membuat tubuh mengalami vasodilatasi, kondisi dimana pembuluh darah melebar dan pada gilirannya menyebabkan suhu tubuh meningkat. Mekanisme ini akan diterima oleh otak dan otak akan mengirimkan respon ke seluruh tubuh untuk memproduksi keringat dengan tujuan mendinginkan suhu tubuh.

  • Jangan Terlalu Sering Konsumsi Makanan Pedas
Tidak memandang etnis, normalnya setiap manusia akan berkeringat sehabis menyantap makanan pedas dan panas. Hal tersebut terjadi karena makanan pedas dan panas membuat suhu tubuh meningkat dan kondisi ini akan diterima oleh otak. Setelah itu, otak mulai memerintah kelenjar keringat yang menyebar di seluruh tubuh untuk mengeluarkan keringat.

  • Temui Dokter
Bila kesemua cara mengatasi ketiak basah di atas tidak mempan untuk Anda, mungkin itu menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat alias berurusan dengan penyakit. Keringat berlebihan juga termasuk ke dalam beberapa gejala penyakit seperti hipertiroidisme, hipoglikemia, leukimia, menopause, tuberkulosis, dan penyakit jantung.


Related

Tips Sehat 2619430697985351303

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item