Mengenal Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Definisi dari Hipertensi atau yang dikenal kebanyakan orang dengan nama penyakit tekanan darah tinggi merupakan penyakit di mana cairan darah dalam tubuh meneka n dinding arteri dengan sangat kuat hingga sampai menyebabkan masalah kesehatan pada manusia seperti terserang Penyakit Jantung hingga stroke. Tinggi rendahnya tekanan darah ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung serta jumlah resistensi aliran darah pada arteri. Tekanan darah dikatakan meningkat jika darah yang dipompa jantung dalam jumlah yang banyak sehingga menyebabkan arteri mengalami tekanan. Selain itu, usia juga menjadi salah satu faktor yang memicu timbulnya penyakit hipertensi.


Beberapa faktor menjadi pengaruh pada penyakit hipertensi diantaranya kebiasaan merokok, sejarah kesehatan keluarga, usia, obesitas, aktivitas fisik dan juga karena alkohol. Jika terlambat diketahui ketika faktor dan juga gejala ini timbul maka akan menimbulkan masalah kesehatan lain pada organ tubuh seperti ginjal, jantung bahkan dapat menyebabkan peyakit stroke.

Tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah hipertensi adalah penyakit yang umumnya dialami oleh kebanyakan orang. Penyakit hipertensi merupakan salahsatu penyakit yang serius karena berdampak pada kesehatan tubuh, bahkan hipertensi dapat menjadi penyebab munculnya beberapa penyakit serius lainnya, seperti penyakit gagal jantung, serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke. Menurut Dr Kanchit Limpakarnjanarat, yang merupakan WHO Representative to Indonesia menuturkan bahwa 1,5 juta orang yang ada di Asia Tenggara meninggal setiap tahun dikarenakan penyakit hipertensi.

Banyak orang yang menganggap hipertensi atau tekanan darah tinggi sebagai penyakit yang sepele namun sebaiknya Anda harus waspada karena Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini gejala yang muncul seringkali tidak terlihat dengan jelas selama bertahun-tahun bahkan hipertensi disebut sebagai ‘silent killer’ yaitu penyakit yang membunuh secara diam-diam. Maka dari itu setiap orang diharapkan lebih peduli dengan kesehatannya dan melakukan pemeriksaan rutin tekanan darahnya.

Related

Info Berita 3444623991732457208

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item