Kenali Perbedaan Air Kencing Sehat Dan Yang Tidak Sehat

Urine diproduksi untuk mengeluarkan zat sisa atau racun dari dalam tubuh. Itulah sebabnya jenis zat ‘buangan’ akan mempengaruhi warna urine dan bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.


Warna urine yang sehat adalah yang berwarna kuning jernih. Warna kuning ini berasal dari pigmen urokrom. Semakin banyak minum air putih, warna urine akan semakin pucat.

Dan di bawah ini beberapa warna urine yang perlu kamu tahu karena bisa menandakan adanya masalah kesehatan.

1. Cokelat tua


Warna urine coklat tua bisa disebabkan konsumsi obat seperti obat antimalaria, antibiotik, namun bisa juga karena gangguan pada organ tubuh. Warna ini timbul bisa disebabkan masalah pada liver, ginjal, terjadinya infeksi saluran kemih atau anemia hemolitik.

2. Oranye


Warna ini bisa terjadi akibat kurang minum atau dehidrasi. Namun waspadalah jika warna oranye pada urine disertai feses yang berwarna pucat atau putih. Karena hal tersebut menandakan adanya gangguan kesehatan pada liver maupun saluran empedu.

3. Kuning pekat

Jika memilki warna urine kuning pekat, tandanya harus lebih banyak minum air putih karena kondisi tubuh dalam keadaan dehidrasi.

4. Putih dan keruh


Warna urine seperti ini disertai dengan busa berwarna putih serta berbau, biasanya menandakan infeksi saluran kemih akibat bakteri, jamur atau virus.

5. Merah muda atau merah

Warna ini bisa terjadi akibat konsumsi buah tertentu seperti bit, blackberry, atau buah naga merah. Bisa juga karena konsumsi obat, misalnya obat infeksi saluran kemih. Namun perhatikan pula gejala lainnya karena warna urine merah muda atau merah bisa juga disebabkan penyakit ginjal, tumor, atau batu ginjal.

Related

Info Penyakit 4061498795049687668

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item