Hindari Kebiasaan Makan Nasi Campur Dengan Mie Instan


Nasi sudah jadi makanan pokok orang Indonesia. Sampai-sampai kalau belum ‘kena’ nasi, rasanya seperti belum makan. Meskipun sudah makan roti misalnya.

Nah ada kebiasaan orang Indonesia yang sering bikin orang bule heran. Yakni makan nasi dengan lauk mie instan. Kebiasaan ini ternyata berbahaya.


Menurut ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi, Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. yang dimuat dalam kompas.com (12/09/17), nasi mengandung karbohidrat, mie instan juga mengandung karbohidrat yang berasal dari olahan tepung. Jika keduanya dimakan bersamaan maka akan terjadi lonjakan kadar gula darah.

"Sudah makan nasi ditambahin lagi mie instan, itu parah. Jadi double karbohidrat," ujarnya.

Lebih lanjut Dr. Samuel menjelaskan bahwa kebiasaan ini bisa menyebabkan penyakit diabetes karena peningkatan gula darah.


Melansir kemkes.go.id (10/12/18), menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka prevalensi atau jumlah penderita diabetes di Indonesia semakin meningkat. Data terakhir, ada sekitar 16 juta penduduk Indonesia yang menderita penyakit yang belum bisa disembuhkan ini. Efeknya bisa berisiko komplikasi misalnya penyakit jantung, gagal ginjal sampai kematian.

Itulah sebabnya supaya terhindar dari penyakit yang bisa mengancam nyawa ini, ada baiknya menghentikan kebiasaan mencampur nasi dengan jenis karbo lain, seperti mie instan.

Related

Tips Sehat 6518794669982352593

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item