Jenis Masakan Yang Bisa Memicu Berbagai Penyakit Dalam Tubuh

Panjang umur dengan kondisi kesehatan yang relatif baik adalah harapan bagi kita semua, namun tanpa kita sadari bahwa sekarang hidup di dunia yang serba instan dan lebih mengutamakan rasa serta kuantitas, termasuk soal makanan dan minuman yang terkadang masuk ke dalam kategori asupan tidak sehat.

Apa jadinya jika makan tersebut kita konsumsi secara terus menerus, tentu lambat taun tubuh kita akan mengalami berbagai gangguan (terserang berbagai penyakit) yang penyebabnya secara tidak kita sadari darib makanan yang kita makan setiap hari
Berikut beberapa makanan yang sering kita konsumsi yang secara tidak kita sadari adalah membawa berbagai macam penyakit :


1. Makanan tinggi garam


Sebagai orang Indonesia, sesi makan pasti akan terasa sangat tidak nikmat jika berhadapan dengan makanan hambar alias kurang garam. Maka, kebiasaan untuk menambahkan garam atau penyedap ke dalam makanan menjadi sukar dihilangkan.

Tapi tahukah Anda, terlalu banyak mengonsumsi natrium dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, stroke, bahkan kanker lambung? Lebih dari itu, dilansir dariReader’s Digest, makanan yang tinggi kadar garamnya pun dapat mempercepat proses penuaan sel-sel tubuh. Sehingga, Anda jadi mudah mengalami peradangan dan sukar untuk sembuh dari suatu penyakit.

2. Makanan dan minuman tinggi gula


Tak cuma makanan yang tinggi garam saja yang bikin Anda rentan berumur pendek, tapi makanan dan minuman berkadar gula tinggi pun punya efek yang sama, sekalipun yang digunakan adalah gula alami.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan American Heart Association melaporkan, sering mengonsumsi minuman manis dapat meningkatkan risiko kematian dini.
Studi tersebut menunjukkan, orang dewasa yang minum 700 ml minuman manis dalam sehari, berisiko dua kali lipat meninggal akibat penyakit arteri koroner dibandingkan dengan orang yang jarang minum minuman manis. Bahkan, kecanduan minuman manis juga berdampak pada penuaan sel, sehingga bisa memendekkan umur Anda hingga empat setengah tahun!

3. Makanan tinggi lemak jahat

Kalau Anda hobi mengonsumsi makanan yang berlemak baik seperti salmon, kacang almond, ataupun alpukat, tentu tak jadi masalah. Yang bahaya adalah bila Anda gemar mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jahat yang tinggi seperti gorengan, pizza, aneka kue, keripik, daging merah berlemak, dan makanan berminyak serta berlemak jahat lainnya.
Meskipun biasanya makanan yang berlemak itu nikmat, tapi lemak jahat alias lemak trans menurut American Heart Association bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkenapenyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Jadi mulai sekarang, kurangi konsumsi makanan yang digoreng dengan teknik deep fried.
Apalagi jika minyak yang digunakan adalah minyak jelantah. Bila memungkinkan, hindari tambahan mentega pada makanan berlemak Anda atau ganti penggunaan minyak goreng dan mentega tersebut dengan minyak zaitun agar lebih sehat.

4. Makanan yang dibakar

Nah, makanan yang satu ini sangat identik dengan tradisi menyambut Tahun Baru. Sebab, rata-rata orang merayakan pergantian tahun dengan pesta barbeque. Dikutip dari Reader’s Digest, makanan yang dibakar atau dipanggang mengandung karsinogenik yang sangat tinggi.
Daging yang dibakar pada suhu tinggi menciptakan zat penyebab kanker yang dikenal sebagai heterocyclic aromatic amines dan polycyclic aromatic hydrocarbons muncul.
Sedangkan, meski setiap orang memiliki takdir dan ketahanan tubuh yang berbeda terhadap sel kanker, umumnya penderita kanker memiliki usia harapan hidup yang lebih pendek.

5. Daging olahan berpengawet

Hampir setiap orang menyukai daging olahan seperti sosis, kornet, dan smoked beef. Selain karena rasanya enak, cara menghidangkannya pun terbilang sangat praktis.
Tapi sayangnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, sering mengonsumsi daging olahan seperti itu berkaitan dengan risiko kematian dini.
Penelitian yang melibatkan lebih dari setengah juta orang di Amerika itu menemukan bahwa orang yang makan daging olahan berpengawet 72 persen lebih berisiko untuk meninggal akibat penyakit jantung. Dan sisanya, berisiko meninggal akibat kanker.

Related

Makanan kesehatan 7402989244717704043

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item