Sumber Nutrisi Pendukung Tinggi Badan

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan badan :

1. Susu dan Produk Olahannya

Tidak diragukan lagi keandalan susu untuk mendukung proses pertumbuhan, baik anak-anak ataupun dewasa. Sekarang ini, kita bisa menemukan susu dengan mudah. Tetapi susu yang berguna untuk membuat badan lebih tinggi adalah mereka yang diperkaya secara alami oleh kalsium (utama), protein, dan vitamin A, B, D dan E. Produk olahan susu yang direkomendasikan adalah keju dan yoghurt.

Nutrisi penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang sehat serta kuat adalah kalsium. Sementara nutrisi lain yang menjadi pembantu proses penyerapan kalsium ke dalam tubuh adalah vitamin D yang bisa ditemukan dari berbagai makanan sumber vitamin D.


2. Telur

Sumber kalsium dan vitamin D lain bisa kita peroleh dari sebutir telur. Untuk membantu melancarkan program yang sedang Anda jalankan, telur tidak boleh dipisahkan. Manfaatnya di sini sangat penting, selain kalsium dan vitamin D, telur juga ikut menyumbang vitamin B2. Semua nutrisi ini akan membantu dalam mengembangkan tulang yang kuat serta membuat kesehatan tubuh selalu terpelihara.

Bila tiap pagi Anda sarapan dengan dua butir telur dan segelas susu, selain tinggi badan yang akan diperoleh secara natural, berat badan Anda pun ikut bertambah menjadi ideal (bila sebelumnya Anda termasuk orang bertubuh kurus). Tapi jangan lupa memasukkan sedikit karbohidrat yang bersumber dari roti gandum misalnya.

3. Ayam

Pada usia yang terbilang sudah tidak muda lagi, kebutuhan nutrisinya akan bertambah. Bila seseorang dengan usia di atas 25 tahun memiliki mimpi agar tinggi  badannya masih berlanjut, mungkin daging ayam bisa membantu mewujudkan mimpi tersebut, meski prosentase keberhasilannya sedikit. Ayam adalah salah satu sumber protein alami yang mampu membantu membangun struktur otot dan jaringan.

Baik usia muda ataupun dewasa, mengonsumsi ayam setidaknya 50 gram setiap hari bisa mencukupi kebutuhan protein. Protein tergabung ke dalam tiga nutrisi yang dibutuhkan tulang untuk bisa berkembang dan memanjang. Dengan memberikan tubuh apa yang diperlukan agar tinggi badan bisa bertambah, maka kemungkinan besar akan berhasil.

4. Tahu

Tahu adalah salah satu produk hasil olahan kedelai. Dengan kandungan protein nabati yang tinggi dan kalsium, serta rendah lemak, maka tahu didaftarkan ke dalam makanan yang bisa meninggikan badan. Jadikan tahu sebagai makanan favorit Anda agar rasa bosan tidak melanda dan menghentikan mimpi Anda.

The Fit Indian menyarankan kita yang sedang mengaplikasikan berbagai cara menambah tinggi badan untuk memasukkan 50 – 55 gram kacang kedelai ke dalam tubuh. Kacang kedelai ini bisa dikonsumsi bentuk utuh ataupun dijadikan produk lain seperti susu, tahu, dan tempe.

5. Pisang

Buah pisang sering dilupakan oleh pengamat kesehatan karena menurutnya pisang hanya mampu meningkatkan berat badan seseorang. Padahal dalam kenyataannya, manfaat buah pisang jauh lebih banyak. Daging buah yang lunak ini, bila dikonsumsi secara rutin, juga mampu meninggikan badan. Hal ini dikarenakan pisang menjadi salah satu makanan sumber kalsium, kalium, dan mangan. Di dalamnya juga terdapat bakteri probiotik yang sehat  untuk menunjang cara menambah tinggi badan seseorang.

Kehadiran kalium pada pisang membawa reaksi positif pada tulang dan gigi agar tidak lemah, dan juga membantu menetralisir dampak berbahaya dari sodium pada tulang. Mineral ini ikut membantu mempertahankan konsentrasi kalsium dalam tulang. Sementara mangan pada pisang bertugas meningkatkan kesehatan tulang dan metabolisme. Kalsiumnya akan membuat tulang tetap kokoh dan tidak menipis.

Setelah Anda berhasil menyusun menu makan sendiri untuk waktu sarapan, makan siang, dan makan malam, sekarang kita masuk ke tahapan kedua: olahraga yang dapat meninggikan badan.


Related

Tips Sehat 7407405400789617696

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item