Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat timbul akibat dari zat purin yang berlebih didalam tubuh. Kemudian purin yang berlebih tersebut diolah menjadi asam urat, jika hal ini terjadi maka ginjal tidak bisa mengeluarkan, yang pada akhirnya kristal asam urat di persendian akan menumpuk. sehingga akan membuat rasa nyeri, radang, dan bengkak.

Penyebab asam urat bermacam-macam serta gejala yang di timbulkan. Untuk menghindari penyakit ini, sebaiknya harus ketahui penyebab asam urat serta gejalanya seperti berikut

Penyebab Asam Urat
  • Obesitas
Kegemukan atau kelebihan berat badan merupakan penyebab penyakit asam urat, bukan hanya itu obesitas juga dapat memicu berbagai komplikasi penyakit lain.
  • Konsumsi minuman keras


Orang yang gemar minum minuman keras memiliki risiko yang tinggi terhadap penyakit asam urat.
  • Konsumsi makanan tinggi zat purin
Penyakit asam urat juga bisa disebabkan karena makanan. Salah satunya yaitu makanan yang tinggi akan kandungan zat purin seperti daging, ikan dan telur. Konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi dan berminyak akan memicu serangan asam urat.
  • Akibat diet
Penyakit asam urat juga bisa dipicu akibat melakoni diet yang terlalu ketat. Terkadang akibat menjalani diet seseorang akan merasa kelaparan sehingga kadar asam urat pada darah akan meningkat secara drastis ketika protein tubuh dipecah menjadi energi.
  • Penyakit ginjal
Asam urat tinggi juga bisa dipicu karena adanya gangguan pada fungsi ginjal. Misalnya penyakit gagal ginjal kronis sehingga membuat ginjal gagal berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Penyakit tertentu
Penyakit lain yang dapat memicu asam urat yaitu leukemia, psiorasis sehingga menyebabkan produksi asam urat.
  • Obat-obatan
Obat obatan yang kita konsumsi ternyata juga mempengaruhi produksi asam urat sehingga dalam jangka panjang cukup berbahaya. Terutama obat-obatan warung yang banyak mengandung zat kimia.


Related

Info Berita 517343004315578540

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item