Kelebihan Garam Dalam Tubuh Dan Effek Sampingnya


Garam tidak bisa lepas dari makanan sehari-hari. Makanan apapun kalau tidak ditambah garam akan hambar rasanya. Garam juga ditemukan pada berbagai makanan seperti mie instan, keripik kentang, makanan cepat saji, atau daging olahan.

Konsumsi garam boleh-boleh saja. Namun yang harus diperhatikan adalah jangan sampai kelebihan garam. Menurut Dr Susan Jebb, Kepala Gizi dan Penelitian Kesehatan MRC, Cambridge, London, kebutuhan garam oleh orang dewasa sebenarnya sedikit. Hanya 6 gram atau sekitar 1 sendok teh.
Berbagai bahaya bisa terjadi jika tubuh kelebihan garam. Misalnya hipertensi atau yang fatal, jantung dan stroke.

Berikut ini tanda-tanda tubuh sudah kelebihan garam.

1. Sakit kepala tapi tak tahu penyebabnya


Jika mengalami sakit kepala tiba-tiba tapi tidak tahu penyebabnya apa, coba cek dulu makanan yang dikonsumsi. Bisa jadi habis makan makanan tinggi garam.

"Terlalu banyak garam dapat menyebabkan pembuluh darah di otak mengembang, yang dapat menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan," ujar Mandy Enright, ahli gizi dan pelatih kebugaran di New Jersey.

2. Makanan terasa hambar
Pakar diet Bonnie Taub-Dix, R.D.N. menjelaskan bahwa orang yang sudah terbiasa makan banyak garam, lama-lama lidah mereka jadi ‘kebal’ sehingga makanan jadi terasa hambar. Akibatnya, makanan harus ditambah lebih banyak garam lagi supaya bisa ‘berasa’.

Dengan kata lain kalau tubuh sudah kelebihan garam, akan menimbulkan efek ‘kecanduan’. Orang akan ingin makan makanan dengan garam lebih banyak.

3. Tubuh bengkak
Masih menurut Bonnie, garam sifatnya menarik air sehingga membuat tubuh menumpuk cairan. Orang yang tubuhnya kelebihan garam bisa mengalami perut kembung atau bagian tubuh lain membengkak. Bonnie menyarankan perbanyak minum air putih supaya kelebihan natrium (garam) bisa dibuang lewat urine.

4. Sering pipis
Menurut Dr Matsuo Tomohiro dari Universitas Nagasaki, sering buang air kecil terutama di malam hari juga bisa disebabkan kebanyakan konsumsi garam. Akibatnya, kualitas tidur jadi menurun dan menyebabkan kelelahan.

Related

Tips Sehat 7001367112093839761

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item