Jenis Makanan yang Bisa Mempercepat Datangnya Stroke


Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, dr. Cut Putri Arianie, M.HKes, penyakit stroke menjadi pembunuh nomor satu penduduk Indonesia disusul dengan penyakit jantung.

Selain karena usia, faktor gaya hidup juga berperan penting. Karena itu penting sekali untuk menghindari terlalu sering mengonsumsi makanan yang bisa mempercepat datangnya stroke.


1. Makanan kemasan
Makanan dalam kemasan meski praktis tapi tidak dianjurkan untuk sering dikonsumsi. Makanan dalam kemasan seperti daging olahan (sosis, nugget, kornet) atau kentang dan camilan kemasan biasanya mengandung bahan nitrat dan nitrit sebagai pengawet.

Kedua senyawa ini bisa merusak pembuluh darah dan mengakibatkan penyempitan pembuluh arteri yang akan memicu penyakit stroke dan jantung.

2. Makanan tinggi gula
Siapa sih yang gak suka makanan atau minuman manis. Hanya saja, konsumsi makanan/minuman tinggi gula juga bisa merusak pembuluh darah serta menyebabkan obesitas yang bisa meningkatkan risiko stroke. Batasi konsumsi gula harian tidak lebih dari 4 sendok makan untuk menghindari penyakit yang bisa timbul, contohnya stroke dan diabetes.

3. Makanan tinggi garam
Makanan tinggi garam memang enak karena berasa gurih. Contoh saja mie instan atau makanan cepat saji. Sayangnya, kandungan garam/natrium berlebih bisa membuat lonjakan tekanan darah yang akan meningkatkan hipertensi.

Orang yang hipertensi berisiko tinggi terkena stroke. Untuk mencegahnya, batasi konsumsi garam tidak lebih dari 1.500 miligram per hari atau sekitar satu sendok teh.

Related

Info Penyakit 6481213153197596052

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item