Definisi Dan Pengertian Kemoterapi Dan Efek Sampingnya

Selama ini kemoterapi memang dikenal sebagai salah satu terapi untuk mengobati penyakit kanker dan banyak rumah sakit besar yang menyediakan terapi ini untuk pasiennya yang mengidap kanker. Meski dipercaya mampu memberikan hasil yang positif dan mampu menyembuhkan penyait kanker, namun terapi dan metode kemoterapi ini juga memiliki efek samping terhadap kesehatan. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai definisi dan pengertian kemoterapi serta efek sampingnya.

Pengertian Kemoterapi Adalah

Pertama-tama akan kami bahas lebih dulu mengenai definisi dan pengertian kemoterapi. Kemoterapi bisa diartikan sebagai salah satu upaya pengobatan yang dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh dengan cara menganggu atau merusak fungsi dari reproduksi sel kanker tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kemoterapi ini biasa digunakan pada pasien yang mengidap kanker dan juga tumor yang memang membutuhkan penanganan khusus gunamencegah perkembangan sel kanker dan tumor agar tidak menyebar dan juga membesar. Ada beberapa macam jenis dari terapi ini seperti penyinaran dan pemberian obat-obatan khusus sesuai dengan dosisi yang telah ditentukan oleh dokter.


Dampak serta Efek Samping Kemoterapi

Dari penjelasan tersebut kami yakin setidaknya anda sudah mendapatkan sedikit gambaran mengenai definisi dan pengertian kemoterapi. Untuk penjelasan berikutnya akan kami ulas seputar efek samping yang ditimbulkan oleh kemoterapi. Kebanyakan masyarakat cenderung merasa takut ketika mendengar kemoterapi lantaran adanya efek samping yang ditimbulkan. Memang betul ada sejumlah efek samping yang akan dirasakan oleh pasien yang melakukan kemoterapi. Walau begitu anda tidak perlu khawatir karena dari pihak dokter sendiri akan berusaha untuk menekan efek samping ini.
Upaya tersebut bisa dilakukan dengan mengurangi dosisi pemberian obat yang diberikan secara bertahap. Untuk efek samping dari kemoterapi ini bisa anda lihat di bawah ini :
§  Rambut rontok
§  Mual dan muntah
§  Sariawan
§  Anemia
§  Nafsu makan berkurang
§  Terjadi kerusakan pada ginjal dan otot jantung
§  Infertilitas
§  Menurunnya sistem kekebalan tubuh
§  Diare

Tahapan dan Prosedur Kemoterapi
Sampai saat ini banyak banyak orang yang belum tahu tentang tahapan dan prosedur kemoterapi untuk penyakit kanker. Obat kemoterapi dapat diterapkan ke dalam aliran darah untuk menyerang sel-sel kanker di seluruh tubuh, atau dapat juga diterapkan langsung ke tempat kanker berada. Dokter akan menentukan pilihan obat kemoterapi terbaik untuk mengobati kanker.

Obat kemoterapi dapat diberikan dalam beberapa cara, yaitu:
§  Per oral (dari mulut)
§  Dengan injeksi (suntikan) ke dalam otot (intramuskular) atau vena (intravena)
§  Dengan tabung kateter yang menuju ke kandung kemih, perut, rongga dada, otak, sumsum tulang belakang atau hati
§  Penerapan/aplikasi langsung di kulit

Namun sebelum prosedur kemoterapi, dokter biasanya akan memerintahkan pasien untuk mengonsumsi obat-obatan seperti di bawah ini:
§  Steroid
§  Obat alergi
§  Obat anti mual
§  Obat penenang
§  Antibiotik

Menimbang dampak dari efek samping yang disebabkan oleh kemoterapi ini pastinya dari pihak dokter memiliki prosedur khusus jadi tidak sembarang pasien akan menerima terapi ini. Mengenai lamanya dari kemoterapi juga tergantung dari hasil pemeriksaan dokter. Biasanya kemoterapi dilakukan satu kali dalam seminggu namun itu tergantung dari jenis dan juga stadium kanker yang diderita oleh si pasien. Semakin tinggi stadium kankernya maka kemoterapi akan dilakukan dalam waktu yang lebih lama dan intens untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Related

Kemoterapi 6949965703410598423

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item