Tips Lancarkan Sembelit Secara Alami

Cara melancarkan sembelit cukup banyak, namun beberapa orang lebih memilih langkah instan seperti konsumsi obat pabrik, tetapi tidak sedikit pula yang menempuh cara mengatasi susah buang air besar secara alami, biasanya dibantu dengan bahan-bahan alam atau pengobatan herbal yang hingga kini masih berlaku di masyarakat.

Berikut ini cara melancarkan susah buang air besar dengan metode pengobatan alami alias tanpa obat.

1. Minyak Zaitun

Olive oil atau minyak zaitun menjadi primadona kosmetik alami yang paling sering dipakai oleh kaum perempuan untuk menjaga kecantikan kulitnya dengan langkah perawatan. Tidak sampai di situ, ternyata, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk mengobati sembelit.


Cara memanfaatkan minyak zaitun sebagai obat alami untuk melancarkan BAB dapat dilihat sbb :

Persiapkan satu sendok makan, minyak zaitun, dan jus jeruk nipis hangat atau dingin
Ambil satu sendok teh jus jeruk nipis, kemudian tambahkan satu sendok makan minyak zaitun, konsumsi secara teratur hingga sembuh.

Aturan minum:

Lebih baik dikonsumsi pada pagi hari sebelum makan. Kandungannya akan lebih bekerja ketika perut dalam keadaan kosong. Apabila Anda terlupa, bisa minum minyak zaitun 1 jam sehabis makan.

2. Jus Lemon

Lemon bertindak sebagai stimulan yang baik untuk sistem pencernaan. Di dalam tubuh, lemon juga membantu mengeluarkan racun dan sisa makanan yang belum tercerna pada usus besar. Anda bisa meminta bantuannya untuk mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi saat ini.

Cara mengatasi susah buang air besar dengan jus lemon :

Sediakan 1 buah lemon segar dan 1 cangkir air hangat matang.
Peras buah lemon dan air perasan dicampur langsung pada secangkir air hangat yang telah disediakan, aduk beberapa saat, minum sampai habis.

3. Kopi (sedikit saja)

Kabar baik bagi Anda yang ‘kebetulan’ juga sebagai penikmat kopi.

Kopi mengandung kafein yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam batas yang wajar. Beberapa penyakit seperti stroke, penyakit jantung, alzheimer, dan kanker juga dapat dicegah dengan baik.

Selain kafein yang memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan. Ternyata, kafein pada kopi juga menimbulkan efek stimulan yang dapat meningkatkan energi, suasana hati, menambah fungsi otak, membangun kecerdasan, serta melancarkan sembelit.

Tentu ini kabar baik bagi Anda yang sekarang sedang menderita sembelit. Pasalnya, stimulan alami yang hadir karena kafein sangat membantu kinerja sistem pencernaan, sehingga masalah sembelit yang menimpa Anda saat ini bisa jauh-jauh pergi.

4. Cobalah Bergerak (Olahraga)

Mungkin tidak ada kaitannya antara olahraga dengan lunaknya limbah tubuh. Namun apabila diasumsikan, olahraga cukup masuk akal membuat seseorang dapat buang air besar tanpa hambatan. Hal ini terkait olahraga yang pastinya membuat anggota tubuh gerak, sehingga bagian otot kecil pada usus besar juga ikut bergerak.


Related

Tips Sehat 4131776579938729705

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item