Gejala Awal Paru-Paru Basah

Tanda dan ciri-ciri penyakit paru-paru basah adalah adanya batuk yang tidak mau berhenti. Batuk ini bisa jadi indikasi adanya infeksi baik itu terjadi pada tenggorokan maupun paru-paru. Ketika Anda mendapati batuk yang tak kunjung berhenti, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan obati dengan benar. Sebab penyakit paru-paru basah bisa bertambah parah jika tidak mendapat pengobatan dari awal.

Tanda dan gejala paru-paru basah terjadi dalam waktu yang panjang dan biasanya cukup lama. Setelah itu, kemudian penderita paru-paru basah akan merasa sering sakit-sakitan akibat daya tahan tubuh yang mulai melemah. Biasanya penderita paru-paru basah akan mengalami batuk berkepanjangan dan mengeluarkan keringat dingin pada saat tidur.

Saat keringat akan membuat bagian luar tubuh dingin, maka akan membuat paru-paru mengalami pengembunan dan akhirnya penyakit paru-paru basah menjadi kronis. Akibatnya penderita akan mengalami batuk terus menerus hingga menjadi kebiasaan. Biasanya penderita akan mengalami sesak napas diserati batuk dan mengeluarkan dahak.

Jika sudah begini, penyakit paru-paru basah sudah kronis dan bisa bersarang lama di dalam tubuh. Paru-paru basah akan menjadi penyakit menahun yang sulit disembuhkan karena daya tahan tubuh sudah melemah. Selain itu mengobati paru paru basah tidak bisa menggunakan obat batuk biasa.


Gejala awal paru-paru basah

Berikut ini adalah gejala awal paru-paru basah yang harus diwaspadai.
  • Tubuh selalu mengeluarkan keringat meskipun sedang tidak melakukan apa-apa, bahkan pada saat tidur.
  • Nafas selalu terasa sesak dan tak pernah merasa lega.
  • Mudah merasa lelah dan kehabisan energi.
  • Merasa sangat ngantuk meskipun sudah tidur cukup.
  • Ingin muntah saat mengambil napas panjang.
Perlu diwaspadai juga ciri ciri paru paru basah yang terjadi pada anak. Biasanya terdapat beberapa gejala yang bisa menandai adanya paru-paru basah pada anak seperti batuk terus-menerus disertai pilek, sakit kepala dan penurunan nafsu makan. 

Pada perkembangan selanjutnya, paru-paru basah pada anak akan memunculkan gejala seperti berikut:
  • Napas terasa cepat dan sangat sesak
  • Untuk bayi usia kurang dari 2 bulan nafas yang terjadi sangat cepat hingga 60 kali dalam satu menit. Jika usia anak lebih dari 2 bulan hingga 1 tahun, antara 50 kali dalam satu menit. Sedangkan untuk anak usia 1 hingga 5 tahun biasanya 40 kali dalam satu menit.
  • Pada anak-anak, paru-paru basah biasanya disertai napas yang pendek dan hidung kembang kempis.
  • Untuk paru-paru basah yang sudah berat, maka akan terjadi sebuah tarikan pada dinding dada bagian bawah ke dalam.

Related

Paru paru 3515361919424230120

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item