Mengenal Jenis Terapi Akupunktur

Akupunktur adalah metode pengobatan yang berasal dari negeri Cina, sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Para cina kuno percaya bahwa kesehatan individu ditentukan oleh saluran energi, yang dikenal sebagai Qi yang mengalir di bawah kulit. Jika aliran Qi terganggu maka kita dapat mengembangkan penyakit. Tujuan memasukkan jarum adalah untuk mengembalikan aliran energi.

Perkembangan akupunktur dewasa ini lebih banyak pada pembuktian ilmiahnya. Dalam beberapa tahun terakhir lebih, akupunktur barat atau medis telah dikembangkan dan digunakan oleh dokter dan ahli fisioterapi, dengan prakteknya lebih didasarkan pada kondisi medis. Hal ini diyakini akan efektif karena pelepasan rasa sakit membunuh zat seperti endorphin dan teori sakit-gerbang yang menyatakan bahwa rangsangan di satu daerah tubuh akan menggantikan sensasi rasa sakit di tempat lain.

Beberapa cabang ilmu akupunktur  yaitu Akupunktur analgesia (akupunktur untuk nyeri), pediatrik akupunktur (akupunktur pada anak), akupunktur kecantikan (estetika) dan akupunktur untuk olahraga (sport acupuncture). Akupunktur bisa memainkan peran yang penting dibidang olahraga, baik untuk mengatasi cidera olahraga maupun untuk meningkatkan prestasi dengan menjaga stamina para atlit.


Manfaat Terapi Akupuntur Pada Olahragawan

1. Menghilangkan Nyeri

Dibidang olahraga, akupunktur terutama dipakai untuk menghilangkan nyeri. Tusukan jarum merangsang metabolisme sel otot di area cidera sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan. Manfaat besar akupunktur pada olahragawan adalah meningkatkan prestasi atlit. Akupunktur dapat menstimulasi susunan syaraf pusat untuk mengeluarkan zat kimia tertentu ke otot yang mengubah persepsi seseorang terhadap nyeri atau zat-zat seperti hormon yang dapat meregulasi tubuh sendiri.

2. Memperbaiki Jaringan Akibat Kelelahan Fisik/Cedera

Akupunktur olah raga adalah terapi yang menggunakan teknik akupunktur untuk mengobati atlit yang mengalami kelelahan fisik atau cedera pada bagian tubuhnya. Terapi ini telah terbukti kegunaannya untuk menjaga fisik dan mempercepat penyembuhan dari cedera agar dapat mengikuti jadwal pertandingan yang ketat.

3. Memulihkan Tenaga

Akupunktur olahraga dapat memulihkan tenaga dengan cepat karena membuat fase tidur yang dalam. Pada fase ini terjadi relaksasi otot yang maksimal, sehingga otot yang masih kontraksi, akibat penumpukan asam laktat hasil dari metabolisme anaerobik dan stres akibat suasana pertandingan, dapat segera kembali prima.”

4. Meningkatkan Sirkulasi Peredaran Darah

Akupunktur juga dapat meningkatkan sirkulasi ke jaringan yang trauma, merangsang penyembuhan dan menurunkan substansi penyebab nyeri tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih relaks.

5. Meningkatkan Stamina

Selain untuk cedera olahraga, akupunktur juga dapat meningkatkan stamina para atlet sehingga dapat menggantikan peran dopping yang jelas-jelas merugikan.

Efek akupunktur pada peningkatan stamina terjadi melalui efek vasodilatasi dan peningkatan permeabilitas kapiler, sehingga terjadi vaskularisasi otot yang menyebabkan otot bermetabolisme lebih baik sehingga dapat memperpanjang waktu latihan

Sementara tusukan jarum pada otot-otot tertentu (tergantung jenis olahraganya) sebelum bertanding berfungsi sebagai doping alami, tidak akan terdeteksi oleh pemeriksaan doping. Tusukan jarum saat bertanding maupun saat jeda akan menghilangkan kelelahan dan mengembalikan kesegaran sehingga pada saat akan bertanding lagi, kondisinya prima.

Related

Jenis terapi 4807120724850497542

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item