Faktor Utama Terjadinya Diabetes Militus

Berbeda dengan DM tipe 1 yang sifatnya turunan orang tua, DM tipe 2 lebih merupakan penyakit kemakmuran. Tidak terlalu dalah bila anda yang menyebut “ sakit kencing manis bukan kutukan, tetapi karena tingkah pola manusia itu sendiri yang pola hidupnya tidak tepat”. Mengkonsumsi lemak yang berlebihan atau zat-zat tertentu yang bisa menyebabkan gangguan pada pankreas yang mengakibatkan terjadinya gangguan produksi insulin.

Penelitian James W Anderson. Ahli diet AS, misalnya ia dapat merubah orang-orang muda sehat dengan tubuh rammping hanya dalam waktu kurang dari dua minggu mendertia penyakit diabetes ringan dengan memberi makanan 65% lemak. Tapi saat orang-orang tersebut diberi makan 5% lemak ditambah 0,5 kg gula setiap hari, dalam sebelas minggu tidak satupun dari mereka yang menderita penyakit diabetes.


Sangat banyak penelitian yang berkesimpulan, bahwa lemaklah yang menjadi penyebab utama dari penyakit diabetes mellitus. Lemak mengakibatkan resistensi insulin. Gula tidak baik bagi orang yang menderita diabetes mellitus. Akan tetapi gula bukan penyebab timbulnya penyakit tersebut. Hanya saja jika kebanyakan gula yang berarti kebanyakan kalori, akan membuat seseorang menjadi kegemukan sehingga akan lebih mudah untuk terserang penyakit diabetes mellitus.

Faktor keturunan juga memegang peran penting, hal ini dikuatkan oleh timbulnya penyakit ini di dalam keluarga. Apabila orang tua atau salah satu atau keduanya menderita penyakit diabetes ini, maka kemungkinan besar anak-anaknya lebih beresiko mengidap penyakit ini. Terdapat faktor-faktor lain yang dapat mencetuskan seperti infeksi virus, kegemukan, kesalahan pola makan, proses penuaan, stress, minum obat-obatan yang mempunyai efek samping menaikkan kadar gula darag dan lain-lain.

Related

Info Berita 6759681773868196094

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item