Mengatasi Anak Kecil Yang Susah Makan

Jika anak kita mengalami susah makan maka kita sebagai orang tua akan merasakan kebingunagan, berikut adalah solusi dan cara mengatasi anak yang susah makan :

Terapi Bermain dan Jadikan Saat Makan Menyenangkan

Biasanya cara ini dilakukan pada anak yang masih kecil hingga usia batita. Saat bermain, orangtua bisa mengamati dan menganalisis bagaimana pola bermain anak dari kisah-kisah yang diperlihatkan. Lewat terapi bermain, konflik permasalahan anak dapat ditelusuri, kemudian diatasi sesuai penyebabnya. Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya


Mengajarkan perilaku makan yang baik dan Makan Teratur

Sediakan menu makanan yang bervariasi agar anak mengenal banyak rasa dan jenis makanan. Jadilah model yang baik dengan membiasakan makan bersama di meja makan. Makan bersama merupakan ajang interaksi penting antara orangtua dan anak. Orangtua juga bisa menjadi teman menyenangkan di meja makan. Dengan begitu, hubungan orangtua dan anak semakin erat. Makan teratur atau sesuai dengan jadwal anak biasa makan adalah salah satu dari 6 Solusi Mengatasi Anak Susah Makan yang efektif. Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

Beri cemilan sehat dan Menarik

Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, dan sebagainya.

Berikan Reward

Jika anak anda susah makan, kenapa tidak coba memberikan reward atau hadiah kepada mereka. Anak kecil biasanya sangat menyukai pemberian dari orang tua. Hal ini akan sangat membantu anak anda yang malas makan menjadi lahap. Bukankah kita sewaktu kecil begitu bersemangat jika orang tua menjanjikan sesuatu ketika kita menuruti kemauan mereka ? anak anda juga sama.

Sebagai orang tua tentu anda perlu memilih reward atau hadiah yang mendidik, misal rekreasi ke kebun binatang. Hal ini selain bagus untuk merangsang anak anda makan juga akan memberikan dampak positif terhadap diri mereka.

Gunakan Suplemen Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Jika anak anda susah makan anda juga dapat memberikan suplemen penambah nafsu makan untuk anak

Beberapa tips tersebut diatas dapat memberikan solusi yang optimal jika didukung dengan kemauan dan kesabaran kita sebagi orang tua uantuk terus berusaha memberikan yang terbaik untuk anak kita.

Related

Tips Anak Kecil 3591850868187874885

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item