Daun Kumis Kucing Sebagai Obat Tradisional Untuk Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Tanaman ini dikenal dengan kidney Tea Plants (inggris) merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) Songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia 

Manfaat Kumis kucing :
Daun Kumis kucing basah maupun kering digunakan sebagai menanggulangi berbagai penyakit, Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik.
Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit.


Daun Tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan :
  1. Radang Ginjal,
  2. Batu Ginjal,
  3. Kencing Manis,
  4. Albuminuria,
  5. Penyakit Syphilis.,
  6. Reumatik
  7. Menurunkan Kadar Glukosa Darah
  8. Sebagai antibakteri.



Cara Meramu Tanaman Kumis Kucing untuk Obat :

Nyeri Buang Air Seni :
Cara ke I : Seduh dan 3 – 5 gram daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh di tambah gula aren.
Cara ke 2 : 1 sendok makan daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, rebus dengan 3 gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan itu sebanyak 3x sehari.

Batu Ginjal :
Caranya : 25 gram daun kumis kucing, 25 gram daun ngokilo, 25 gram daun meniran dengan akarnya, 25 gram daun keji beling, dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Sampai tersisa setengahnya Minum 2 x sehari selama 10 hari

Rematik :
Caranya : 1 sendok the daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal ¾ Saring Lalu diminum selagi hangat.

Sakit pinggang :
Caranya : 7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, paginya baru diminum setelah sarapan.

Radang Ginjal :
Caranya : 40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air panas  Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.

Masuk angina :
Caranya : 1 sendok makan daun kumis kucing yang telah di haluskan dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus lakukan 2x sehari.

Demam :
Caranya : 100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari.

Related

Tanaman Obat 5986951399824216293

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item