Minum Kopi Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Menjadi salah satu minuman yang populer, kopi rupanya juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Jika dikonsumsi secara tepat, kopi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.
Seperti ditulis oleh Reuters dari American Journal of Epidemiology, penelitian menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kopi secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah dari beberapa penyakit, termasuk di antaranya penyakit jantung, diabetes, dan kanker kulit, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Menurut pemimpin penelitian tersebut, Erikka Loftfield, kopi mengandung beberapa senyawa biologis aktif. "Termasuk asam fenolik, kalium, dan kafein," ungkap peneliti dari National Cancer Institute di Rockville tersebut.

Para peneliti menggunakan data dari studi sebelumnya pada 90.317 orang dewasa tanpa kanker atau riwayat penyakit jantung dari tahun 1998 sampai tahun 2009. Pada penelitian tersebut para responden melaporkan jumlah asupan kopi dan rincian diet.
Setelah memperhitungkan faktor-faktor lain seperti merokok, para peneliti menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah mengalami kematian akibat penyakit jantung.


Hasil penelitian lainnya yang mengobservasi 447.357 orang juga menemukan hasil bahwa mereka yang lebih sering mengonsumsi kopi memiliki risiko terserang melanoma lebih sedikit. Melanoma merupakan salah satu jenis dari kanker kulit. Hasil tersebut diperoleh setelah mempertimbangkan faktor seperti umur, jenis kelamin, kebiasaan merokok, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, dan indeks massa tubuh partisipan.

"Kami menemukan bahwa jika dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi, mereka yang rutin mengonsumsi kopi setidaknya empat cangkir sehari memiliki pengurangan risiko melanoma sampai 20 persen," tulis para peneliti dalam Journal of the National Cancer Institute.

Loftfield menyimpulkan bahwa kopi dapat menjadi salah satu bagian dari gaya hidup, asalkan tetap dilakukan bersama dengan aktivitas sehat lainnya seperti rajin berolahraga dan istirahat cukup.


Related

Kafein 4106891496170572479

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item